Selasa, 25 Januari 2011

Makalah Pemrograman Visual Basic

TEKNIK PEMOGRAMAN

BAHASA PEMOGRAMAN VISUAL BASIC




D

I

S

U

S

U

OLEH ;

NAMA : YULIA ANUGRAHENY

NIM : 18094288

KELAS : 12.3B.30

BINA SARANA INFORMATIKA PONTIANAK

MANAJEMEN INFORMATIKA DIPLOMA III (D3)

TAHUN AJARAN 20010/2011

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah Nya saya dapat menyelesaikan tugas Teknik Pemrograman ini dengan membuat makalah yang berjudul ”BAHASA PEMOGRAMAN VISUAL BASIC”.

Penyelesaian makalah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karna itu dengan kerendahan hati kami mengucapkan terima kasih kepada :

1. Dosen pembimbing yang telah banyak memberi saran dan masukan tentang tugas.

2. Kedua orang tua yang mendukung baik secara moril maupun materil.

3. Teman-teman kelompok yang telah bekerja sama menyelesaikan makalah ini.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah yang kami buat ini, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman untuk menyempurnakan makalah ini.

Kubu Raya, 11-12-2010

Penulis

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………i

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………..ii

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang………………………………………………………………….…….….1
  2. Manfaat……………………………………………………………………………..…....1
  3. Tujuan………………………………………………………………………………..…..1

BAB II PEMBAHASAN

  1. Sejarah dan Perkembangan Visual Basic………………………………………………..2

a. Sejarah Visual Basic…………………………………………………….……….….2

b. Perkembangan Visual Basic………………………………………………….….…..3

  1. Pengertian Visual Basic…………………………………………………………….........8
  2. Struktur Aplikasi Visual Basic………………………………………………………...…9

D. Kelebihan Dan Kekurangan Visual Basic……………………………………….…..….13

E. Tipe Data di Visual Basic 6.0 ………………………………………………………….14

F. Batasan Data dalam Visual Basic 6.0………………………………………….……….14

  1. Contoh Program (Kalkulator)………………………………………………….……….16

BAB III PENUTUP

  1. Kesimpulan……………………………………………………………………..............19
  2. Saran……………………………………………………………………………............19

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………..…………..…..20

ii BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Windows. Saat ini, Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang terbaik. Visual Basic merupakan pengembangan dari Basic. Basic (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) adalah sebuah bahasa pemrograman “kuno” yang merupakan awal dari bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya. Basic dirancang pada tahun 1950-an dan ditujukan untuk dapat digunakan oleh para programmer pemula. Biasanya Basic diajarkan untuk para pelajar sekolah menengah yang baru mengenal komputer, serta digunakan untuk pengembangan program “cepat saji” yang ringan dan menyenangkan.

Walaupun begitu, peran Basic lebih dari sekedar itu saja. Banyak programer handal saat ini memulai karirnya dengan mempelajari Basic. Sebagai bahasa pemrograman yang mutakhir, Visual Basic didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas Windows, khususnya Windows 95/97/98 dan Windows NT. Visual Basic juga merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi objek. Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna, dan mudah dipakai. Dengan fasilitas tersebut, membuat Visual Basic menjadi begitu diinginkan oleh programmer.

B. Tujuan Penulisan

Tujuan penulis, dalam pembuatan makalah ini adalah :

- Untuk memenuhi tugas Tehnik Pemrograman.

- Untuk memberi pengetahuan kepada pembaca tentang bahasa pemrograman Visual Basic.

C. Manfaat Penulisan

- Meberi informasi kepada pembaca mengenai bahasa pemrograman Visual Basic

- Makalah ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran bagi para pembaca untuk mengembangkan bahasa pemrograman dimasa sekarang.

1

BAB II

PEMBAHASAN

A. Sejarah dan Perkembangan Visual Basic

a. Sejarah Visual Basic

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Visual Basic yang sekarang digunakan oleh jutaan programmer adalah berawal dari sebuah Bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Prof. Jhon Kemeny dan Thomas Kurtz pada tahun 1964 dengan nama BASIC yang kepanjangan dari Beginner All Purpose Symbolic Intruction Code. Bahasa BASIC ini tergolong bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari. Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung OOP, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu.

2

Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif. Dan pada tahun 1975, Microsoft yang dipimpin oleh Bill Gate ini, mengembangkan bahasa BASIC ini dengan mengeluarkan produk pertamanya yang bernama Microsoft Basic dimana versi yang terkenal saat itu adalah Quick Basic. Quick Basic menjadi bahasa BASIC yang paling terkenal saat itu karena sudah adanya interpreter didalamnya yang berfungsi untuk menjalankan kode-kode yang ditulis dengan Quick Basic.

  1. Perkembangan Visual Basic

VB 1.0 dikenalkan pada tahun 1991, pendekatan yg dilakukan untuk menghubungkan bahasa pemrograman dengan GUI berasal dari prototype yg dikembang oleh “Alan Cooper” yg di sebut TRIPOD, Kemudian Microsoft mengontrak copper dan asosiasinya utk mengembangkan tripod agar dapat digunakan di windows 3.0 dibawah nama kode Ruby. Berikut Perjalanan Visual Basic (VB 1.0 Sampai VB 10) :

· Proyek “Thunder” dirintis

· Visual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada COMDEX/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia

· Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System.

3

Gambar 1: Tampilan Microsoft Visual Basic Version 1.0

· Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB

Gambar 2: Tampilan Microsoft Visual Basic Version 2.0

4

· Visual Basic 3.0 , dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi versi standard dan professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau access) 1.x

Gambar 3: Tampilan Microsoft Visual Basic Version 3.0

· Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic

Gambar 4: Tampilan Microsoft Visual Basic Version 4.0

· Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk versi windows 32 bit .

5

Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke VB5. dan juga sebaliknya, program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB 5 memperkenalakan kemampuan untuk membuat User Control.

Gambar 5: Tampilan Microsoft Visual Basic Version 5.0

· Visual Basic 6.0 (pertengahan 1998) memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada maret 2008

Gambar 6: Tampilan Microsoft Visual Basic Version 6.0

6

· Visual Basic .NET, dirilis pada tahun 2002, Beberapa yang mencoba pada versi pertama .NET ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yg digunakan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan kekurangan diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime VB6 serta peningkatan penggunan memory.

· Visual Basic .NET 2003, dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.

· Visual Basic 2005, merupakan itegrasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis ini , Microsoft memasukan bebrapa fitur baru, diantaranya : Edit and Continue , mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari VB .NET. pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat program sedang dijalankan Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12 Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET Kerangka kerja versi 1.1. IsNot Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If=Not X Is Y menjadi If X IsNot Y.

· Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Microsoft Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB, salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft.

· Visual Basic “Orcas”, dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangung diatas .NET 3.5. Pada rilis ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya : True Tenary operator , yaitu fungsi If(boolean,value, value) yg digunakan untuk menggantikan fungsi IIF, LINQ Support, Ekspresi Lambda, XML Literals, Nullable types, Type Inference.

· Visual Basic ‘VBx’, Visual Basic 10, yang juga dkenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian da 15. an dari SilverLight 1.1

7

Gambar 7: Tampilan Microsoft Visual Basic 10

B. Pengertian Visual Basic

Visual Basic pada dasarnya adalah bahasa pemograman komputer. Bahasa pemograman adalah perintah – perintah atau instruksi yang dimengerti oleh computer. untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemograman visual basic merupakan bahasa yang mudah dipahami sehingga manusia sekarang lebih banyak memilih pemograman Visual Basic. Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemograman, juga sering disebut sarana (tool) untuk menghasilkan program – program aplikasi berbasis windows. Beberapa kemampuan atau menfaat dari Visual Basic diantaranya seperti:

a. Untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.

b. Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti control Activex, File, Help, Aplikasi internet dan sebagainya.

c. Menguji program dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat Executable, atau dapat langsung dijalankan.

Bagi programmer pemula yang baru ingin belajar program, lingkungan Visual Basic dapat membantu membuat program berbasis Windows dengan mudah. Sedangkan bagi programmer tingkat lanjut, dengan kemampuannya yang besar dapat digunakan untuk membuat program yang kompleks, misalnya dalam lingkungan Netwoking atau Clien Server.

8

Bahasa pemograman Visual Basic cukup sederhana dan menggunakan kata-kata bahasa inggris yang umum digunakan dan tidak perlu lagi menghapal sintaks-sintaks maupun format-format bahasa yang bermacam-macam. Didalam Visual Basic semuanya sudah disediakan dalam pilihan-pilihan yang tinggal diambil sesuai kebutuhan. Selain itu, sarana pengembangannya yang bersifat visual lebih memudahkan untuk mengembangkan program aplikasi berbasis Windows ini, bersifat Mouse Driven (digerakkan dengan mouse) dan berdaya guna tinggi. Sejak dikembangkan pada tahun 80-an, Visual Basic kini telah mencapai versinya yang ke-6. Beberapa keistimewaan utama dari Visual Basic 6 diantaranya seperti :

· Menggunakan platform pembuatan programan yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++. Dengan begitu Anda dapat berimigrasi atau belajar cepat bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan

cepat tanpa harus belajar dari nol lagi.

· Memiliki beberapa tambahan sarana wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu.

· Akses data lebih cepat dan andal untuk membuat aplikasi database berkemampuan tinggi.

C. Struktur Aplikasi Visual Basic

Lingkungan pemograman visual basic mengandung semua sarana yang anda butuhkan untuk membangun program – program yang hebat untuk windows dengan cepat dan efisien, visual basic merupakan bahasa pemrograman terstruktur.

Ø Struktur aplikasi visual basic terdiri dari :

1. Form, yaitu windows atau jendela dimana anda akan membuat user interface atau tampilan yang merupakan antarmuka program yang akan dibuat.

2. Kontrol, yaitu tampilan berbasis grafis yang dimasukkan pada form untuk membuat interaksi dengan pemakai (textbox, label, frame, dan lain-lain).

3. Propertis, yaitu nilai atau karakteristik yang dimiliki oleh sebuah objek visual basic. Contoh : Name, Caption, Size, dan lain-lain.

4. Metode, yaitu serangkaian perintah yang sudah tersedia suatu yang dapat diminta untuk mengerjakan tugas khusus.

9

5. Prosedure Kejadian/Event Prosedure, yaitu kode yang berhubungan dengan suatu objek yang dapat diminta untuk mengerjakan tugas khusus. Kode ini akan mengeksekusi ketika ada respon dari pemakai kode ketika ada event tertentu.

6. Prosedure Umum, yaitu kode yang tidak berhubungan dengan suatu objek. Kode ini harus diminta oleh aplikasi.

7. Modul/Module, yaitu kumpulan dari prosedure umum, deklarasi variable dan defenisi konstanta yang digunakan oleh aplikasi.

Ø Visual basic juga mempunyai tampilan layar yang terdiri dari :

1. Main Windows ( Jendela Utama )

Yang terdiri dari title bar ( baris judul ), menu bar, dan tool bar, baris judul berisi nama proyek. Baris judul juga berisi mode operasi. Visual basic sekarang dan form yang aktif. Menu bar merupakan menu drop-down dimana dapat mengontrol operasi lingkungan visual basic. Toolbar berisi kumpulan gambar yang mewakili perubahan yang ada di menu. Jendela utama juga menampilkan lokasi dari form aktif di sudut kiri atas layar, lebar serta panjang form.

Gambar 8: Jendela Utama Visual basic

2. Form Windows ( Jendela Form ) adalah pusat dari pengembangan aplikasi visual basic. Disinilah tempat merancang aplikasi yang akan atau kita inginkan.

10

Gambar 9: Jendela Form

3. Project Windows (Jendela Proyek), menampilkan daftar form dan modul proyek. Proyek merupakan kumpulan dari modul form, modul class, modul standart, dan file sumber yang membentuk suatu aplikasi.

Gambar 10: Jendela Proyek

4. Toolbox adalah kumpulan dari proyek yang digunakan atau membuat user interface serta control bagi program aplikasi. Ada dua cara untuk menempatkan kontrol pada suatu form.

a. Klik ganda kontrol dalam toolbox, selanjutnya anda dapat mengubah besar dan ukuran serta memindahkannya dengan metode drag dan drop.

11

b. Klik kontrol dalam toolbox, kemudian pindahkan pointer mouse pada jendela form, kursor akan berubah menjadi crosshairt(+).

Gambar 11: kontrol box

5. Properti Windows (Jendela Properti) berisi daftar struktur setting property yang digunakan pada sebuah objek yang terpilih. Kotak drop-down pada bagian atas jendela berisi daftar semua objek pada form yang aktif. Ada dua tab tampilan : Alphabetic (urut abjat) dan Catagorized (urut berdasarkan kelompok).

Gambar 12: Jendela Properti

12

6. Form Layout Windows (Jendela Layout Form) menampilkan posisi form relatif terhadap layar monitor pada saat program dijalankan atau dieksekusi (Running/Compiling).

Gambar 13: Jendela Layout Form

D. Kelebihan Dan Kekurangan Visual Basic

Kelebihan :

1. Pengguna dengan dasar pemrograman apapun bisa dengan mudah menggunakan.

2. Ketika kita melakukan instalasi program lain yang mendukung penggunaannya dalam VB, maka komponen dari program tersebut bisa di masukkan dalam daftar komponen VB.

3. Ketika kita melakukan kesalahan penulisan kode, VB secara otomatis membetulkannya dan tidak perlu kita bersusah payah mendeklarasikan komponen ke dalam list code.

Kekurangan :

1. Sifatnya komersial

2. File VB sering menjadi target serangan virus.

3. Dokumentasi sebenarnya lengkap dalam MSDN, namun untuk instalasi MSDN membutuhkan biaya dan space hardisk yang besar.

13

E. Tipe Data di Visual Basic 6.0

Visual basic 6.0 mempunyai beberapa jenis data. Untuk mendefinisikan jenis data pada sebuah variabel, visual basic menggunakan satu karakter tanda yang diletakkan di akhir nama sebuah variabel. Jenis data dalam visual basic yaitu :

Tabel Jenis Data pada Visual Basic dan Akhirannya

Jenis Data

Akhiran

Boolean

Tidak Ada

Integer

%

Long Integer

&

Double (Floating)

#

Single (Floating)

!

Currency

@

Date

Tidak Ada

Object

Tidak Ada

String

$

Variant

Tidak Ada

F. Batasan Data dalam Visual Basic 6.0

Data yang digunakan dalam visual basic mempunyai batasan-batasan yang ditentukan oleh besarnya tempat yang disediakan oleh penyimpanannya dalam memory. Adapun batasan-batasan data tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.

14

Tabel Type Data

Jenis Data

Ukuran

Range/Batasan

Byte

1 byte

0 sampai dengan 255

Boolean

2 bytes

True atau False

Integer

2 bytes

-32, 68 sampai dengan 32, 767

Long (Long Integer)

4 bytes

-2, 147, 483, 648, sampai dengan 2, 147, 483, 647

Single (Single-Precision-Floating-Point)

4 bytes

Negatif : -3,402823E38 sampai dengan 1,401298E45

Positif : 1,4.1298E45 sampai dengan 3,402523E8

Date

8 bytes

1 Januari 100 sampai dengan 1 Desember 9999

Object

1 byte

Semua referensi object

String (Variable-Length)

10 bytes + panjang string

0 sampai kira-kira 2 milyar

String (Fixed-Length)

Sepanjang string

1 sampai kira-kira 65,400

Variant (with numbers)

16 bytes

Semua numeric sesuai batasan pada jenis data double

Variant (with characters)

22 bytes + panjang string

Batasannya sama seperti panjang variable string yaitu 0 sampai kira-kira 2 billion

User defined

(Menggunakan type)

Sebesar elemen yang dibutuhkan

Setiap elemen sama batasannya dengan jenis datanya

15

G. Contoh Program (Kalkulator)

· Source Code

16

17

· Tampilan From Program

18

Bab III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan, bahwa bahasa pemograman visual basic merupakan pemrograman berbasis Windows. Visual Basic juga merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi objek. Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna, dan mudah dipakai. Dengan fasilitas tersebut, membuat Visual Basic menjadi begitu diinginkan oleh programmer.

B. Saran

Diharapkan mahasiswa mau mempelajari dan mengembangkan bahasa pemograman visual basic sebab visual basic merupakan bahasa yang mudah untuk di pelajari dan sangat menarik , maka Penulis berharap kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini mempelajari dan mengembangkan bahasa pemrograman tersebut.

19

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic

http://www.aat-nueve.co.cc/2009/03/sejarah-pemrograman-visual-basic.html

http://bowoblog.wordpress.com/2009/05/31/bahasa-pemrograman-visual-basic-6-0/

20

20 komentar:

  1. hallow kak yulia^p kbr???
    sy trtrik dan suka dengan artikel yg kk bwt,.pi kok gmbr2 d'artkel ny gag kliatan???
    sy pnsrn bngt kak,.krna sy lg sdng mmpljri visual basic,.
    tlng donk kak kci liat gmbr2 ny to krim gmbr2 ny k'email Q,.hehe
    ok,.thankz bngt kak^

    BalasHapus
  2. aq juga minta send ke emailq kk.... buat belajar ... ke achid_moch1922@yahoo.com q tunggu kak

    BalasHapus
  3. ea sama mnta gambar'a netalinova_endah@yahoo.com

    BalasHapus
  4. mohon ijin copas artikel buat tugas akhir semester

    BalasHapus
  5. mba kirim ke email aku donk soalnya gambarnya g nampak bonadedi888@gmail.com thanks mba yulia

    BalasHapus
  6. sangat membantu, terima kasih :)

    BalasHapus
  7. ok kakak sangat membantu terimakasih

    BalasHapus
  8. Terima kasih ya, bermanfaat sekali Contoh pemograman visual basicnya. Jangan lupa kunjungi juga gudang Contoh Makalah.

    BalasHapus
  9. Terima kasih sangat bermanfaat sekali program visual basicnya :)
    My blog

    BalasHapus
  10. mohon ijin copas buat tugas ...minta tolong kirim gambarnya ya mba @cicyliaanabelle@gmail.com

    BalasHapus
  11. Ko gambar'nya ga nampak yaa, boleh minta,kirim dong kak ke gmail : panjiahza@gmail.com

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus